8 Tips Manajemen Pesanan Online Untuk Meningkatkan Rating Toko Anda!

Kirim Artikel

Manajemen penjualan yang rapi dan terstruktur menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis Anda. Pada saat memutuskan untuk melakukan penjualan secara online, maka pesanan yang masuk harus dikelola dengan rapi. Apalagi ketika sedang ramai-ramainya, agan harus melakukan setiap prosesnya dengan rapi dan teliti agar tidak ada yang tertukar, kualitas tidak sesuai, atau terlewat. Jangan sampai pesanan menumpuk lama tidak kunjung dikirim.

 

Seringkali ketika pesanan masuk banyak, pengiriman mengalami keterlambatan karena beberapa masalah. Hal ini akan menyebabkan pelanggan kecewa dan memberikan ulasan negatif sehingga rating toko kita menjadi rendah. Ketika rating toko rendah, pelanggan lain akan berpikir dua kali ketika akan melakukan pesanan.

 

Oleh karena itu, manajemen pesanan online yang masuk perlu diperhatikan secara serius agar nantinya bisnis kita dapat berkembang dengan pesat. Nah, artikel kali ini akan membahas seputar tips manajemen pesanan online untuk meningkatkan rating toko. Yuk, simak ulasan berikut!

 

Baca juga : 7 Strategi Pemasaran Ini Mampu Mengembangkan Usaha Kuliner Anda!

 

8 Tips Manajemen Pesanan Online 

 

Pastikan Stok Produk

 

Pastikan agan cek ketersediaan produk setiap hari. Buatlah catatan atau laporan stok produk agar memudahkan proses penjualan. Proses cek dan update stok toko online sangatlah penting. Tanpa adanya informasi stok yang update, penjual akan mengalami kesulitan ketika suatu saat terdapat lonjakan pesanan dan ternyata stok tinggal sedikit. 

 

Keteledoran update stok akan menyebabkan keterlambatan pengiriman bahkan pembatalan pesanan. Oleh karena itu, perlu adanya manajemen dan laporan stok. Laporan bisa dalam bentuk manual atau sistematis menggunakan aplikasi ULo. Aplikasi ini bisa membantu agan untuk mengelola stok toko online maupun toko offline agan juga loh.

 

Adanya fitur laporan stok produk dapat memudahkan agan dalam memantau stok produk yang mulai menipis secara real time.

 

Tetapkan Ekspedisi Pengiriman

 

Berilah pilihan ekspedisi pengiriman yang bisa digunakan oleh pelanggan. Setidaknya sediakan dua atau lebih pilihan ekspedisi. Hal ini bertujuan agar pelanggan dapat memilih dan menentukan ekspedisi apa yang cocok berdasarkan harga, kecepatan, atau jangkauan ke daerah yang tersedia.

 

Sebelum menentukan ekspedisi, pastikan agan survei terlebih dahulu kualitas dan kecepatan pengiriman. Kecepatan dan kualitas pengiriman akan mempengaruhi kelancaran bisnis agan. Pengiriman lambat, tidak sesuai dengan estimasi, atau bahkan paket mengalami banyak kerusakan selama pengiriman akan membuat pelanggan kecewa dan bisa jadi sangat merugikan bagi toko agan. Jadi jangan salah pilih pihak ekspedisi, ya!

 

Teliti Pesanan Yang Masuk

 

Sebelum melakukan pengiriman harap teliti pesanan tersebut. Pastikan detail pesanannya mulai dari jenis, jumlah pesanan, ukuran, warna dan sebagainya sesuai dengan pesanan pelanggan. Jangan sampai produk yang agan kirim salah ketika sampai di tangan pelanggan.

 

Kalau paket yang dikirim tidak sesuai, pelanggan bisa kecewa dan mengajukan komplain. Ulasan negatif pun akan berdatangan apabila tidak teliti dalam mengemas pesanan.

 

Beri Ucapan Terima Kasih Pada Paket Pesanan

 

Kartu ucapan terima kasih mungkin terlihat sepele namun hal ini mempunyai efek yang cukup besar. Kartu ucapan terima kasih mencerminkan ketulusan agan dalam melayani. Sebagian besar pelanggan akan menerima kesan lebih personal dan hangat. Bahkan ada beberapa pelanggan yang enggan untuk membuang dan cenderung menyimpannya.

 

Nah, disini agan juga bisa menambahkan identitas toko mulai dari akun media sosial, kontak, ataupun identitas lainya. Hal ini bertujuan agar pelanggan selalu ingat dengan toko agan dan berpotensi untuk bertransaksi lagi.

 

Balas Pesan Pelanggan Secepat Mungkin

 

Tips selanjutnya yaitu sebisa mungkin membalas pertanyaan-pertanyaan pelanggan cepat. Komunikasi dalam proses transaksi sangat diperlukan oleh pelanggan. Apabila pertanyaan dijawab terlalu lama, pelanggan bisa beralih ke toko yang lain. Oleh karena itu, jawablah pesan pelanggan dengan cepat dan ramah. Penggunaan kata yang tepat dan emoticon mempengaruhi kesan yang diterima oleh pelanggan.

 

Batasi Penerimaan Komplain

 

Cantumkan deskripsi produk sedetail dan sejelas mungkin. Hal ini sangat penting agar sebelum melakukan check out pelanggan dapat membaca deskripsi terlebih dahulu dengan teliti. Pastikan produk sudah sampai tidak beda jauh dari deskripsi yang dicantumkan. Cantumkan catatan penting dan juga peringatan yang diperlukan agar pelanggan dapat mempertimbangkan segala faktor yang ada sebelum check out, ya. Dengan demikian, komplain dan review negatif dapat dihindari.

 

Ketika ada pelanggan mengajukan komplain tetapi detail yang ada pada deskripsi sudah dicantumkan dengan jelas, agan bisa mencegah produk tersebut di retur oleh pembeli. Batasi juga waktu pengajuan komplain, misalnya 1×24 jam setelah pesanan diterima.

 

Minta Pelanggan Memberikan Ulasan Positif

 

Jangan pernah sungkan meminta pelanggan untuk memberikan ulasan positif ke toko agan. Ulasan positif memberi efek yang besar terhadap perkembangan bisnis. Semakin banyak ulasan positif, maka semakin banyak orang percaya dan tertarik untuk membeli produk agan.

 

Ulasan positif menjadi testimoni atau bukti bahwa produk yang agan jual memiliki kualitas yang bagus dan toko agan termasuk toko yang amanah. Ulasan positif ini juga akan membantu menaikkan rating toko agan. 

 

Pilih Software Manajemen Penjualan yang tepat

 

Bisnis yang bagus adalah bisnis yang mempunyai manajemen penjualan yang rapi dan terstruktur. Manajemen bisa dilakukan secara manual maupun terkomputerisasi. Namun, seringkali manajemen secara manual dianggap kurang efektif dan menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang beralih menggunakan sistem “Point of Sale”.

 

Banyak manfaat yang didapatkan ketika kita menggunakan “Point of Sale” ini. Dengan sistem yang sudah terkomputerisasi, agan bisa mendapatkan laporan stok, laporan penjualan, maupun laporan laba atau rugi secara otomatis tanpa perlu ribet lagi. ULo atau UKM Lokal merupakan sistem “Point of Sale” yang hadir sebagai software alternatif teman bisnismu. 

 

Jadi tunggu apa lagi?

 

Yuk, jadikan ULo sebagai teman bisnismu! Dijamin gratis dan cocok untuk berbagai jenis ukm lokal. Upgrade ke versi PRO juga terjangkau dan banyak banget fitur ekslusif yang bisa dinikmati.

 

Daftar ULo sekarang juga ya! (Oleh: Siti Nurhaliza)

 

Ikuti Informasi Terkini dari ULO

Artikel Lainnya

Daftar, Link ke
tumbuh.ukmlokal.com