7 Strategi Pemasaran ini Mampu Mengembangkan Usaha Kuliner Anda!

Strategi untuk mengembangkan usaha kuliner

Kirim Artikel

Usaha Kuliner menjadi salah satu usaha yang terlihat menjanjikan. Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok kehidupan sehingga sampai kapanpun semua orang akan selalu membutuhkannya. Tak heran jika banyak pengusaha berlomba-lomba untuk menekuni bisnis ini.

 

Meskipun begitu, banyak pula orang yang ragu untuk memulai bisnis kuliner karena tidak ada modal yang cukup. Padahal untuk memulai bisnis tidak harus mempunyai modal yang besar. Membangun bisnis bisa mulai dari rumah atau biasa dikenal sebagai usaha rumahan. 

 

Strategi pemasaran menjadi hal yang paling krusial dalam menjalankan sebuah bisnis. Hal ini menjadi penentu jangka panjang usaha kuliner agan. Tidak hanya seputar kualitas dan rasa dari menu-menu yang harus agan perhatikan. Meskipun kualitas rasa usaha kuliner agan sudah maksimal jika strategi pemasarannya kurang tepat maka usaha agan akan mengalami kesulitan untuk berkembang kedepannya.

 

Lantas apa saja strategi pemasaran yang harus diterapkan? Yuk, simak ulasan berikut!

 

Baca juga: 7 Langkah Menuju Digitalisasi Bisnis 

 

Menonjolkan Ciri Khas Produk

 

Ciri khas produk / branding harus dibangun meskipun usaha yang dirintis masih dalam skala kecil. Membangun citra yang baik dan meningkatkan brand awareness harus dilakukan agar masyarakat sadar dengan usaha yang agan rintis.

 

Agan bisa mulai dengan membuat makanan dengan cita rasa, bentuk , ataupun nama yang unik dan berbeda dari kompetitor. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian calon pembeli serta menjadi salah satu cara yang efektif agar bisnis agan mudah diingat oleh pelanggan.

 

Memaksimalkan Jaringan dan Relasi

 

Jaringan yang luas dapat menguntungkan dalam dunia bisnis. Agan bisa menawarkan usaha kuliner ke jaringan dan relasi yang telah dibangun. Jaringan bisa agan bangun mulai dari lingkup yang kecil seperti menjadi salah satu sponsor pada suatu acara tertentu. Dengan melakukan hal-hal seperti itu, agan juga juga bisa memperkenalkan produk yang dijual.

 

Buat Website Usaha Kuliner

Strategi selanjutnya yaitu pembuatan company profile untuk usaha. Company profile merupakan sebuah website yang dibangun untuk meningkatkan brand awareness bisnis agan. Selain itu dengan pembuatan website, agan juga bisa menjual produk dengan bantuan website loh. Praktis banget kan? Sambil branding agan juga bisa dapat konversi. 

 

Butuh Website? Percayakan saja pada tim Nore. Dengan tenaga IT berpengalaman mampu membantu usaha agan agar lebih berkembang.

 

Promosikan Melalui Semua Sosial Media

 

Media sosial tak hanya bisa dipakai untuk chat atau berbagi cerita, media sosial bisa dijadikan platform untuk promosi usaha. Maksimalkan semua platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, dan lainnya. Tanpa adanya batasan waktu maupun tempat agan bisa gencarkan promosi selama 24 jam. 

 

Selain itu, agan juga dapa menyelidiki strategi social media marketing kompetitor. Cari tahu kelebihan dan kekurangan strategi marketing pesaing. Dengan begitu nantinya diharapkan agan bisa mengembangkan strategi untuk diterapkan pada social media brand.

 

Pahami Trend Baru

 

Seiring berjalannya waktu akan selalu ada tren baru yang hadir. Bahkan dalam hitungan jam tren dapat terus berganti. Oleh karena itu, agan harus up to date agar tidak ketinggalan tren. Membuat bahan promosi sesuai tren yang berjalan menambah peluang untuk dilihat oleh banyak kalangan.

 

Bergabunglah dengan Marketplace

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa marketplace atau e-commerce merupakan sebuah platform yang digandrungi oleh masyarakat masa kini. Pasalnya, dengan platform ini kita dapat melakukan transaksi jual beli tanpa perlu keluar rumah. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan ketika kita bergabung dengan marketplace adalah jangkauan pasar menjadi lebih luas. 

 

Hal yang harus diperhatika ketika bergabung dengan marketplace adalah biaya admin. Pada setiap transaksi hasil pendapatan tidak 100% masuk ke perusahaan. Hasil pendapatan akan dipotong biaya admin beserta pajak. 

 

Gunakan Sistem POS Yang Tepat

 

Apa itu POS?

 

POS atau Point of Sale merupakan sebuah sistem kasir yang dapat mencatat semua transaksi jual beli. Salah satu strategi marketing yang sangat penting dalam usaha kuliner adalah pencatatan laporan transaksi agar agan mengetahui sejauh apa usaha telah berkembang. 

 

Sistem POS ini akan mempermudah operasional bisnis seperti memantau dan mengontrol penjualan, menyediakan laporan keuangan otomatis, mengontrol biaya, memaksimalkan keuntungan.

 

Dengan kelebihan-kelebihan fitur yang dimiliki sistem POS terutama rekap transaksi agan dapat memantau laba dan rugi setiap saat secara otomatis. Apabila dirasa mengalami kerugian agan bisa melakukan evaluasi dengan segera tanpa membuang-buang waktu. Hal ini karena sistem POS mampu memberi data akurat real time.

 

Baca juga: 6 Manfaat Sistem “Point Of Sale” Untuk UMKM Lokal

 

Langkah selanjutnya, bagaimana cara membeli sistem POS?

 

Tak perlu repot-repot agan bisa menggunakan sistem POS ULo. Nikmati fitur-fitur GRATIS tanpa dipungut biaya apapun. Mau Custom sesuai keinginan juga bisa loh. Tunggu apa lagi, yuk beralih ke ULo saja! (Oleh: Siti Nurhaliza)



Ikuti Informasi Terkini dari ULO

Artikel Lainnya

Unduh Laporan Stock ​

Memonitor transaksi jual beli usahamu langsung di halaman laporan stock. Memudahkan kamu untuk melihat perkembangan usahamu.

Mutasi Stock​

Mengatur keluar masuk barang langsung di fitur mutasi stock bisa langsung pilih banyak barang.

Daftar, Link ke
tumbuh.ukmlokal.com