UKM Lokal Serba Digital

Kirim Artikel

Perkembangan teknologi digital di Indonesia terus berkembang dengan pesat, ditambah semenjak terjadinya pandemi Covid-19 dan adanya pemberlakuan kebijakan new normal di seluruh wilayah Indonesia. Semua aktivitas komersial yang dahulu dilakukan dengan cara tradisional seperti jualan di ruko, menyebar brosur untuk promosi, belanja bulanan ke pasar dan sebagainya. Sekarang semua berubah sehingga dapat dilakukan dengan hanya mengetuk layar smartphone.
Usaha kecil dan menengah juga tidak luput dari pengaruh perkembangan teknologi ini. Tetapi bagi beberapa pelaku usaha di Indonesia, mereka masih terpaku dengan melakukan kegiatan jual-beli dengan cara tradisional. Sedangkan di era digital saat ini cara tradisional sudah mulai ditinggalkan. Dilansir dari portal resmi provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah, Ema Rachmawati mengutarakan 52,98% UKM mengalami kendala dalam pemasaran. Di era globalisasi digital saat ini, E-Commerce atau Electronic Commerce menjadi jalan keluar yang efektif bagi UKM lokal yang sedang berkembang di Indonesia.

 

Jadi Apa Itu E-Commerce?

 

Kegiatan e-commerce mencakup penyebaran, penjualan, pembelian serta pemasaran barang dan jasa dengan mengandalkan sistem elektronik yang sudah ada seperti jaringan nirkabel dan peralatan komputer kekinian lainnya.

 

Mengapa Memilih E-Commerce?

 

Cara kerja Sistem e-commerce menyediakan kemudahan bagi para pelaku usaha dari skala mikro sampai makro. Mulai dari komunikasi awal sampai dengan terjadinya transaksi semua dilakukan secara daring tanpa harus repot-repot bertemu klien dan sebagainya, selain mudah dan cepat e-commerce juga dapat memperkecil biaya operasional sebuah usaha.

 

Manfaat E-Commerce

 

Menerapkan sistem e-commerce dalam bisnis dapat mempermudah pelaku UKM di berbagai macam aspek usaha di antaranya sebagai berikut:

 

Menghemat Waktu dan Tenaga

 

Manajemen waktu dalam menjalankan sebuah usaha menjadi sesuatu yang esensial sebab ada pepatah yang mengatakan bahwa “waktu adalah uang”. Sistem e-commerce menyediakan sistem yang bekerja dengan cepat serta mudah untuk di eksekusi sehingga pelaku usaha tidak perlu repot-repot lagi membuang waktu dan tenaga lebih dalam menjalankan bisnisnya.

 

Meraih Konsumen dengan Jangkauan yang Lebih Luas

 

Konsumen merupakan salah satu komponen utama demi berjalannya suatu usaha. Tanpa adanya konsumen semua jenis usaha akan berakhir, dan di sisi lain semakin banyaknya jumlah konsumen yang diraih dapat memperpanjang umur suatu usaha. Kegiatan e-commerce dilakukan secara daring, dimana pemasaran dan promosi dapat dilakukan dari mana saja dan sampai kemana saja sehingga dapat menambah jumlah target audience atau konsumen dengan mudah.

 

Berbagai macam bentuk platform sudah tersedia di internet beberapa diantaranya ada:

 

  • Website toko online
  • Online Marketplace (Shopee,Tokopedia,dsb)
  • Social Media (Instagram,Facebook,Twitter)

 

Platform di atas menyediakan berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan para penggunanya untuk melakukan kegiatan jual-beli secara daring.
 

Mengurangi biaya operasional

 

Biaya yang dibutuhkan dalam memulai atau menjalankan suatu usaha tidaklah sedikit. Namun, bagaimana jika pengeluaran dana usaha dapat diminimalisir dengan peluang omset yang tetap konsisten atau bahkan meningkat? E-commerce menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Pelaku usaha tidak perlu lagi merogoh kocek lebih untuk memulai atau menjalankan bisnisnya, sebab semua dilakukan secara daring sehingga dapat mengurangi biaya operasional seperti biaya sewa tempat, listrik, air, transportasi, dan lain-lain.
 

Mengurangi harga produk

 

Harga penjualan suatu produk baik itu barang maupun jasa menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memutuskan jadi atau tidaknya mereka dalam melakukan transaksi. Oleh sebab itu menentukan harga suatu produk dengan tepat untuk menarik pelanggan serta bersaing dengan pasar tanpa merugikan usaha sendiri menjadi keputusan yang sangat krusial. Seperti yang dicantumkan dalam poin sebelumnya, e-commerce menawarkan kelebihan untuk mengurangi biaya pengeluaran sebuah usaha. Dengan adanya hal ini, secara otomatis harga akhir produk juga dapat menyesuaikan sehingga agan tidak perlu mematok harga yang terlalu tinggi.

 

Kesimpulan

 

Menerapkan sistem e-commerce untuk usaha agan di era saat ini menjadi pilihan yang tepat sebab segala sesuatu dapat dilakukan dari manapun secara daring, hal ini mencakup pencatatan stock, riwayat stock, riwayat transaksi, serta fitur-fitur lainnya yang ditawarkan dalam sistem e-commerce untuk menjalankan usaha anda dengan mudah.

Nore Inovasi menawarkan program UKM Lokal (ULo) kepada pengusaha UKM di Indonesia. ULo merupakan POS sistem kasir berbasis web untuk UKM yang praktis dan dapat diakses dari berbagai macam perangkat. Fitur yang disediakan ULo mencakup sistem kasir, print invoice, laporan transaksi, dan masih banyak lagi. Program ini sangat cocok baik bagi pengusaha yang baru akan memulai usahanya maupun pemilik usaha lama yang memiliki keinginan untuk ikut memasuki dunia bisnis e-commerce. (Oleh: Gabriel Suryaputra Poerwito)

Ikuti Informasi Terkini dari ULO

Artikel Lainnya

Daftar, Link ke
tumbuh.ukmlokal.com