6 Tips Untuk Memulai Usaha Umkm Hanya Dirumah!

Kirim Artikel

Hai Juragan! apakah kalian pernah berpikir untuk memulai sebuah usaha tapi tidak pernah tahu harus mulai kapan dan dimana? Jangan khawatir! Juragan bisa mulai usaha dari rumah masing-masing lhoo. Penasaran? Sini OLa kasih tahu tips nya. 

 

Baca juga : Transaksi Aman, Sortir Barang Gampang Modal Ketik Saja?

 

 

1. Pahami Kebutuhan Pasar

 

Nah nah Juragan, jika ingin membangun sebuah usaha yang sukses dan profitable Juragan harus memahami betul kebutuhan konsumen. Tidak hanya itu Juragan harus beradaptasi sesuai kebutuhan pasar. Ini adalah sesuatu yang sulit dikarenakan keinginan pasar selalu berubah-ubah. Akan tetapi, hal ini dapat diatasi dengan melakukan banyak riset tentang hal-hal baru yang bergejolak di pasar.


2. Selalu Berinovasi

 

Jangan berhenti untuk berinovasi. Jika Juragan berhenti berinovasi maka produk Juragan akan terkesan biasa saja. Pesaing bisa mencuri konsep produk dan dijual dengan harga yang lebih murah (imitasi).

 

3. Jangan Berpikiran Sempit

 

Jangan pernah berpikiran sempit ya, Juragan! Juragan harus bisa melihat kondisi dan menerima kritikan dari konsumen. Kritik dan saran yang membangun dapat berpengaruh besar untuk perkembangan bisnis. Terus belajar dan lakukan riset supaya bisnis Juragan lebih hebat lagi.

 

Belajar dari pesaing juga penting, Gan. Untuk menyusun strategi bisnis yang tepat, mempelajari keadaan pasar dan persaingan adalah faktor utama. Cari tahu tentang strategi marketing, pengembangan produk, branding dan lainnya.


4. Berani Mengambil Keputusan Besar

 

Sebagai pebisnis mengambil keputusan adalah hal yang sangat berat. Berhati-hatilah dengan mengambil keputusan. Pastikan data dan fakta di lapangan jadi pertimbangan Agan dalam mengambil keputusan.

 

Dengan menggunakan ULo misalnya, Agan bisa mencari tahu mana produk yang paling laku. Jadi Agan bisa terbantu menentukan berapa jumlah stok yang harus dimiliki, kapan harus melakukan restock, dan mana produk yang perlu diiklankan untuk mendapat perhatian.

 

5. Jual Produk Sesuai Passion

 

Dengan Juragan berjualan sesuai passion, Juragan tidak akan pernah bosan berjualan. Misalnya, juragan suka mainan dan punya banyak pengetahuan di bidang tersebut. Menjual mainan bisa jadi bisnis yang tepat buat Juragan. Apalagi jika juragan sudah paham pasar dan punya banyak koneksi untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Kalo kata orang, kerja sesuai passion itu rasanya kayak nggak kerja. Bener nggak sih, Gan? Hehehe.


6. Fokus pada Kualitas

 

Terakhir! Juragan.. Konsumen pastinya tidak ingin memiliki produk yang dibuat setengah-setengah dan kualitasnya buruk. Pastikan quality control untuk produk dilakukan dengan seksama. Dengan Juragan mempertahankan citra bahwa produk Juragan memiliki kualitas yang bagus maka konsumen pasti akan lebih memilih produk Juragan daripada produk pesaing lainnya. 

 

 

Itu dia Juragan tips-tips dari OLa untuk memulai usaha UMKM hanya di rumah! Dan tentunya agar lebih mudah dalam bertransaksi, menyortir dan mendata produk jangan lupa pakai ULo! ULo dapat meringankan tugas Juragan dalam hal transaksi, sortir dan pendataan barang! Download sekarang, ULo tersedia Play Store!

 

Oleh : Rayhan Adesta Anandaputra 

Ikuti Informasi Terkini dari ULO

Artikel Lainnya

Daftar, Link ke
tumbuh.ukmlokal.com