5 Software untuk mengembangkan UKM anda!

Kirim Artikel

Perkembangan teknologi baik software maupun hardware di Era digital saat ini memberikan banyak peluang bagi usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mengembangkan usaha demi meraih keuntungan lebih. Bagaimana caranya? Cukup bermodalkan smartphone, banyak pelaku UKM dapat mengembangkan usahanya dengan cara mengunduh aplikasi/software bisnis. Berbagai macam fitur dan kemudahan dapat dimanfaatkan untuk keperluan mendasar usaha. Kemudahan seperti mengelola bisnis dengan rapi dan mudah untuk menjalankan bisnis sehari-hari didapatkan melalui software-software tersebut. Tidak hanya itu, pelaku UKM juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang sebab beberapa fitur dan layanan yang ada tersedia untuk Android dan iOS secara gratis!

 

Software atau aplikasi seperti ini sangat cocok untuk digunakan dan dimanfaatkan bagi pelaku UKM di Indonesia terutama bagi pelaku usaha yang masih merintis usahanya. Dengan modal minimal dan penghasilan maksimal fasilitas yang tersedia ini menjadi impian semua pelaku UKM.

 

Berikut beberapa software yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis agan:

 

Software catatan dan penyimpanan yang dapat diakses setiap saat

 

Mencatat ide atau planning usaha dimudahkan dengan adanya OneNote. Software ini menyediakan catatan yang dapat di akses dari manapun dan kapanpun. Fitur-fitur yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk keperluan mengembangkan usaha. Seperti layaknya software untuk mencatat, OneNote juga menyediakan fitur untuk membuat dokumen sampai fitur untuk menggambar bebas.

 

Untuk menyimpan file serta dokumen-dokumen penting Google menyediakan layanan Google Drive yang dapat menyimpan file tipe apapun sampai dengan kapasitas 15GB untuk setiap akunnya tanpa memungut biaya. Menyimpan dalam Google Drive dapat memudahkan pelaku bisnis sebab file dan dokumen yang tersimpan dapat diakses dan diunduh serta dibagikan setiap saat. Membagikan dokumen yang tersimpan di dalam Google Drive juga sangat mudah, cukup dengan merubah setelan dokumen agar dapat diakses oleh pengguna lain lalu membagikan link dokumen tersebut.

 

Software editing untuk membuat usaha lebih menarik

 

Layaknya berdandan untuk tampil di tempat publik, bisnis yang tampak unik dan bagus akan menarik lebih banyak audiens. Software editing seperti Canva bisa menjadi pilihan yang tepat. Canva menyediakan ribuan template yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan tak terkecuali untuk bisnis. Kebutuhan untuk desain logo, presentasi, website, dan masih banyak lagi dapat digunakan untuk kebutuhan usaha secara gratis.

 

Meningkatkan brand usaha dengan digital marketing tool

 

Bisnis yang sudah ada sebaiknya dikenalkan kepada masyarakat untuk menambah pelanggan dan potensi terjualnya produk. Memiliki akun sosial media seperti Instagram dan Facebook saat ini sudah menjadi hal yang esensial untuk meningkatkan eksistensi brand usaha sebab banyaknya masyarakat yang menggunakan platform sosial media tersebut.

 

Website juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mempublikasikan bisnis anda. Website merupakan halaman di jaringan internet yang didalamnya memuat konten seperti teks, gambar, video, dsb. Sudah banyak pelaku bisnis menggunakan website untuk branding bisnisnya sebab konten di dalamnya yang dapat diubah sesuai kebutuhan dan sesuka hati.

 

Hal lain yang dapat dilakukan selain memiliki sosial media dan website adalah menggunakan Google Business Profile. Software yang dikembangkan oleh Google ini memberikan layanan untuk meningkatkan eksistensi bisnis agar mudah dikenali oleh masyarakat sekitar lokasi bisnis dengan cara mempublikasikan brand bisnis di Google Maps serta informasi mengenai bisnis agan seperti info seputar bisnis, jam buka, nomor kontak, dsb.

 

Menganalisa popularitas bisnis di jejaring sosial

 

Setelah memaparkan brand bisnis di sosial media hal selanjutnya yang wajib dilakukan adalah menganalisa perkembangan eksistensi brand bisnis di jejaring sosial. Instagram dan Facebook memiliki layanan ini dalam fitur bisnisnya yang dapat diakses oleh semua orang.

 

Untuk agan-agan yang juga memiliki website bisnis, jangan cemas…Google juga hadir dengan fitur Google Analytics dan Google Search Console untuk mencari tahu dan menganalisa perkembangan eksistensi bisnis agan secara cuma-cuma. Kedua software ini menyediakan fitur untuk menunjukan berapa banyak audiens yang mengetahui atau mencari tahu tentang bisnis agan dalam jangka waktu tertentu serta juga dapat membandingkan performa eksistensi bisnis agan antar bulan bahkan sampai antar minggu.

 

Software pengelola usaha serba bisa

 

Mengelola usaha bukan merupakan hal yang sepele, mencatat dan mengurutkan segala sesuatu seperti stok barang harus dilakukan dengan teliti dan cermat. Memiliki software untuk mengelola usaha dengan fitur lengkap dapat meringankan pekerjaan agan. ULo merupakan software Point of Sales (POS) sistem kasir oleh CV Nore Inovasi yang tersedia dengan fitur yang lengkap untuk mengelola usaha, lebih dari sekedar kasir biasa. Mulai dari fitur kalkulator, mencatat stok barang, sampai membuat katalog barang. ULo hadir dengan versi gratis dan versi PRO yang memiliki fitur lebih lengkap dan kelebihan lainnya untuk memajukan usaha agan hanya dengan 70rb/bulan. Jadi tunggu apa lagi? Jadi juragan paling PRO, tumbuh bersama ULo!

 

Untuk informasi lebih lanjut agan dapat mengunjungi website ULo di ukmlokal.com atau datang langsung ke kantor pusat CV Nore Inovasi di Gedung SETOS Lantai Dasar G10, Jl. Inspeksi Gajahmada, Semarang. (Oleh: Gabriel Suryaputra Poerwito)



Ikuti Informasi Terkini dari ULO

Artikel Lainnya

Unduh Laporan Stock ​

Memonitor transaksi jual beli usahamu langsung di halaman laporan stock. Memudahkan kamu untuk melihat perkembangan usahamu.

Mutasi Stock​

Mengatur keluar masuk barang langsung di fitur mutasi stock bisa langsung pilih banyak barang.

Daftar, Link ke
tumbuh.ukmlokal.com